Aku yang Bodoh atau Kamu yang Lalai?

Aku yang bodoh atau kamu yang lalai,

Kamu suruh aku ujian nasional, aku persiapkan diri, tapi soal tidak kunjung tiba.

Siapa yang bodoh dan lalai?

Kamu minta aku belajar keras, aku ingin belajar, tapi kamu beri guru yang tidak serius mengajar.

Kamu anjurkan waktu belajar tambahan, aku datang, tapi guruku tidak kunjung datang.

Aku yang bodoh atau kamu yang lalai,

Kamu ciptakan kurikulum baru, aku ikuti, tapi kamu ganti lagi saat aku sudah mulai nyaman.

Siapa yang bodoh dan lalai?

Kamu bilang “kerjakan soal Matematikanya”, aku buka lembaran soal, rupanya kau beri soal Bahasa Indonesia.

Aku yang bodoh atau kamu yang lalai,

Kamu suruh aku melewati nilai minimal, aku bingung, bagaimana mungkin kerja kerasku tiga tahun 60%nya diukur dengan 4 hari ujian?

Siapa yang bodoh dan lalai?

Kamu ciptakan standar soal dan nilai yang sama di seluruh daerah, aku belajar, tapi gak mungkinlah aku di tempat terpencil ini bisa disamakan dengan mereka yang ada di kota.

Aku yang bodoh atau kamu yang lalai,

Kamu bilang aku bisa perbaiki jawaban yang salah, aku mau perbaiki, tapi kau beri lembar jawaban yang buruk, yang tak mungkin pensil 2B bisa terhapus tanpa mengoyakkannya.

Siapa yang bodoh dan lalai?

Kamu suruh aku untuk tidak takut, tapi kau menakutiku dengan standar minimal itu.

Aku yang bodoh atau kamu yang lalai,

Kamu suruh aku untuk jujur mengerjakannya, tapi engkau tak mampu mengawasi soal supaya tidak bocor.

Siapa yang bodoh dan lalai?

Kalau aku tidak lulus UN, aku yang bodoh atau kamu yang lalai.

Jawablah aku.

Leave a Reply

