Ratapan 3:22-26 dan Suara Penderitaan

Stephen R. Covey dalam The 8Th Habit menuliskan:

DENGARKAN SUARA-SUARA BERIKUT: “Aku terperangkap dalam rutinitas yang menjemukan!” “Aku tak punya kehidupan. Tenagaku habiscapek sekali!”

“Tak seorang pun menghargaiku. Bosku tak tabu apa sesungguhnya yang bisa kuperbuat!”

Aku merasa tak diperlukandi tempat kerja, tidak; oleh anak-anakku yang mulai remaja dan dewasa pun tidak; tak juga oleh tetangga dan masyarakat sekitarku; bahkan tak juga oleh pasangan hidupkukecuali untuk membayar berbagai tagihan!”

Aku frustrasi dan loyo, tak bersemangat.”

“Penghasilanku tak pernah cukup. Rasanya aku tidak pernah bergerak maju!”

“Sepertinya aku memang tak bisa.”

Aku merasa tak berarti; ada atau tidak, rasanya tak ada bedanya bagi sekelilingku!”

Aku merasa hampa. Hidupku tidak bermakna; ada sesuatu yang hilang!”

Aku marah. Aku takut. Aku tak sanggup menanggung kehilangan pekerjaanku!”

Aku kesepian.”

“Aku merasa diburu-buru terus.’Semuanya serba mendesak.” “Duniaku terasa serba pengap; aku merasa terus didikte untuk perkara yang remeh-temeh.”

‘Aku muak dengan politik di kantor yang suka menikam dari belakang, dan menjilat-jilat.”

‘Aku bosan. Paling-paling aku hanya bisa melewatkan waktu. Kepuasan justru kutemukan di luar jam kerja.”

“Aku dipacu untuk meraih target produksi. Tekanannya sungguh tak terbayangkan. Aku sama sekali tak punya waktu dan sumber daya untuk mencapainya.”

“Dengan pasangan hidup yang tak bisa memahamiku, dan anak-anak yang tidak mau mendengar dan menaatiku, rumah tidak lebih baik daripada tempat kerja.”

Aku tak bisa mengubah keadaanku.”

___

Apakah itu juga suaramu? Jika ya, saudara harus keluar dari situ. Melihat dengan kacamata baru. Kita terlalu banyak berbicara tentang penderitaan kita, tetapi terlalu sedikit berbuat untuk menghentikannya. Dengan percaya pada Tuhan, dengan memandang pada rahmatNya yang tak pernah habis, dengan menanti pertolongan Tuhan sambil diam mengoreksi diri, kita bisa menemukan pengharapan di masa depan (Ratapan 3:22-26).

Leave a Reply

