Sejarah Cinta

Aku ingin membangun sejarah,

Aku haus menjalinnya di dunia ini.

Sebab dunia takkan bisa berjalan tanpa sejarah.

Dan tanpa dunia, sejarah tak punya tempat.

Sejarah hanya ada di dalam waktu yang berjalan.

Tapi sejarah apa?

 

Aku termenung, menggentayangkan pikiran.

Ada apa dengan dunia?

Bukankah di sana ada kerakusan dan kerusakan?

Di sana ada perang

Di dunia ciptaan Tuhan penuh dengan durjana.

Pecah, getir, gulung, sikut, dan hajar.

Di bumi kesakitan, kehancuran, alienasi dan pematian.

Lihat di sana

Baca

Pandang di sini.

Itu terjadi.

Sejarah dunia yang kelam.

 

Bukan!

Bukan sejarah ini yang hendak ‘ku bangun.

Aku bertanya “apa yang membuat dunia bisa bertahan hingga dia masih punya sejarah?”

Ya… aku tahu.

Cinta…

Cintalah yang menyangga dunia yang keropos.

Sebab….

Cinta tidak mematikan sumbu yang t’lah pudar.

Tidak menyikat dan menyikut.

Cinta menopang buluh yang terkulai

Tidak abai apalagi mematahkan.

Di dalam cinta ada asa.

Cinta memuaskan dahaga.

Cinta menerbitkan senyum dari wajah duka.

Cinta membawa pulang anak yang hilang.

Cinta mendekati kehancuran untuk mengubahnya.

Sejarah cinta…

 

Ini yang hendak ku bangun: sejarah cinta dalam dunia.

Tapi aku tak mau sendirian.

Maukah engkau bersamaku menjalin sejarah cinta ini?

 

Leave a Reply

